Cara Dual Boot/Multi Boot Di Virtual Box


                Hai sahabat newbietekno kita balik lagi ke sini , ya materi kita saat ini adalah tkj . untuk pembahasan nya yaotu CARA DUAL BOOT DI VIRTUAL BOX .
 materi ini adalah termasuk SISTEM OPERASI ini adalah salah satu mode sistem operasi VIRTUALIZATION .  Engga cuman virtual box tapi masih banyak tapi kita akan menggunakan yang standar saja . oke langsung caw.
1)Pertama , Download dulu Virtual Box Disini atau kalo udah punya instal seperti normal/costum nya terserah.

2)buka virtual box nya , dan tekan NEW , maka akan tampil seperti ini :

KETIK SESUAI SO YANG AKAN DI INSTAL
LALU KETIKAN RAM YANG AKAN DI PAKAI(Sesuai Kebutuhan Aja)

Tampilan diatas merupakan setting an RAM yang akan kita gunakan , mungkin 2 GB atau lebih namun lebih di tekan kan lagi jangan terlalu berlebihan sesuai kan saja dengan ISO SO dan spesifikasi PC/Laptop yang kamu gunakan.

Bisa kita lihat disana “Windows 10” itu mengartikan nama file VB yang akan di gunakan , dan untuk yang 32 GB itu untuk size hardisk yang akan kita gunakan untuk menjalankan VIRTUALIZATION ini.setelah tinggal klik ”CREATE”
3)Setelah itu kita akan mengatur settingan BOOT nya , iya kita hanya tinggal menekan setting seperti gambar di bawah ini :

Alokasi File Dan Ukuran

Tampilan Settingan Motherboard VirtualBox

Iya bisa kita lihat di Boot Order ada OPTICAL _> HARD DISK -> FLOPPY.  Itu sebenarnya tidak harus speerti itu , cuman dalam beberapa kasus yang saya temuii  saat proses boot kadang sering tidak meload jadi karena itu kita atur agar PRIMARY boot nya Ke OPTICAL  , KENAPA? Karena agar boot awalnya langsung lewat optical atau SO yang akan kita pilih nanti . Setelah itu kita klik OK.
4)Kalau sudah itu sudah  kita langsung menuju ke tombol bertuliskan ”STARTàAda kan? Oke langsung di pencet saja , dan tunggu maka akan muncul tampilan select start up hardisk , setelah itu kita klik logo seperti dokumen di sebelah tulisan “HOST DRIVE ‘F’;”
Pilih file SO yang kamu sudah tentukan di awal

Setelah itu cari dan pilih file Sistem Operasi yang sudah kamu pilih sebelum nya , karena tadi saya pilih “Windows 10” maka kita tinggal mencari ISO windows 10 lalu tekan Open.
5)Setelah itu kita hanya perlu melakukan instal windows seperti biasa “sudah di jelaskan di bab yang lalu” , dan hanya menunggu hingga windows tadi terinstal dengan benar .
 6)Lalu kan Windows 10 udah ke install , sekarang kita ke tekan logo windows dan ketik seperti gambar

Langsung Ketik Aja
lalu setelah itu klik dan buka lalu pilih/klik kanan pada disk primary lalu pilih SHRINK VOLUME maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini 
Tentukan Ukuranya
Kita shrink / bagi partisi untuk tempat bagi dual boot nya nanti , lalu ketik saja 1000/mb , atau 10 Gb mungkin sudah cukup .Setelah itu akan jadi unlocated nah disitu kita klik dan pilih New Simple Volume maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini
Meng Valid kan Partisi

Opsi disiini berfungsi untuk menvalid kan partisi agar dapat di gunakan untuk aktifitas atau nanti untuk dual boot nya . dan tunggu sejenak dan selesai!
7)Setelah itu kita hanya perlu mematikan mesin dengan menSHUTDOWN atau dengan mmengclose tab/windows virtual box , dan hidupkan lagi . lalu tekan devices seperti pada gambar di bawah
PILIH OPTICAL DRIVE
Pillih optical drive pada menu devices setelah itu pilih choose disk image lalu cari file iso yang akan kamu instal, kalo saya sih pilih Ubuntu. Akan otomatis terload atau muncul seperti  gambar diatas.Dan pilih iso yang telah kamu pilih dan itu yang akan menjadi dual boot kamu. Dan instal ubuntu seperti biassa , bila pusing menginstal tata cara ada di di Google.
Selesai  , untuk pemilihan 2 boot menu kamu hanya butuh merestart dan tampilan dual boot akan muncul di sesuai kan dengan primary boot kamu !

****
Ya mungkin cukup sekian sobat newbie tekno , kini kita bisa mendual boot Virtual Box untuk tugas sekolah kita, Terimaksih wassalamualaikum .
Previous
Next Post »
Thanks for your comment